• Matéria: Ed. Moral
  • Autor: ahmadrosadi1313
  • Perguntado 5 anos atrás

1. Nilai-nilai dan semangat apa yang
bisa di teladani oleh generasi muda
sekarang dari peristiwa lahirnya
organisasi Budi Utomo?​

Respostas

respondido por: GabyPretti
2

Resposta:

Pertanyaan

10. Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa lahirnya budi utomo untuk membangkitkan semangat generasi muda!

Pembahasan

Gerakan Budi Oetomo atau dalam ejaan terbaru disebut dengan Budi Utomo adalah sebuah pergerakan yang lahir pada masa pergerakan nasional di tahun 1908. Pergerakan ini dikategorikan sebagai pergerakan pelajar yang lahir dari semangat memajukan kepentingan-kepentingan priyayi rendah.

Budi Utomo didirikan di Jakarta pada tanggal 20 Mei 1908. Diprakarsai oleh Dr. Sutomo dan ikatan pelajar lainnya diantaranya Goenawan, Dr.Cipto Mangoenkeosoemo dan Soeraji serta R.T Ario Tirtokusumo. Menurut Prof. Dr. Suhartono (2001:32), keberadaan Budi Utomo berfokus kepada bidang sosio-kultural. Kegiatan kebudayaan sangat kental terlihat dalam setiap pergerakan organisasi Budi Utomo sehingga masyarakat mampu menjunjung budaya sendiri dan melestarikannya dengan penuh kebanggaan.

Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa lahirnya Budi Utomo adalah melestarikan dan merasa bangga dengan kebudayaan kita sebagai masyarakat Indonesia yang sekarang berdaulat. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa wajib meniru langkah yang diambil Dr. Sutomo dkk ini dalam kehidupan kita sehingga bangsa kita bisa menjadi bangsa yang kuat dan berkarakter. Kita sebagai masyarakat yang berwawasan juga harus mempelajari konsep politik seperti organisasi Budi Utomo sehingga bisa berdiplomasi dalam menjalani kehidupan sosial dengan pihak-pihak luar yang kemungkinan akan memberikan pengaruh negatif kepada kelestarian kebudayaan kita.

Pelajari Lebih Lanjut

Masa Pergerakan Nasional : brainly.co.id/tugas/2024807

Detil Jawaban

Kelas : SMA 11

Subjek : Sejarah

Bab : Perjuangan Nasional di Indonesia

Kode : 11.3.3

Kata Kunci : Budi Utomo

Explicação:

Perguntas similares